SISTEM KOMPUTER

SISTEM KOMPUTER 



Sistem Komputer adalah kombinasi antara hardware, software, dan brainware yang saling berhubungan dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data meraih suatu tujuan yang sesuai dengan yang diharapkan.
  • Blissmer (1985) : komputer adalah suatu alat eletronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah - perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
  • Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau electronic data processing (EDP).

SIKLUS PENGOLAHAN DATA :

                                                                    Pengolahan                
                                              Data                                                                       Informasi
  • Data             : kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan
  • Pengolahan : manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti
  • Informasi    : hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti                             dari suatu kejadian. 

ELEMEN SISTEM KOMPUTER :



STRUKTUR HARDWARE KOMPUTER :



  • Input Device : untuk memasukkan data ke dalam komputer.
           
  • Output Device : menampilkan keluaran sebagai hasil pegolahan data. 
  • I/O Ports : untuk menerima atau mengirim data ke luar sistem.
  • CPU (Central Processing Unit) : merupakan otak sistem komputer, terdiri dari ALU (Aritmetical Logical Unit) pusat pengolah data, dan CU ( Control Unit) Pengontrol kerja komputer. 
  • Memori : dibagi menjadi 2 yaitu : 
1. Memori Internal berupa RAM (Random Access Memory) untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu.
2. ROM (Read Only Memory) yaitu memori hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi  pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

  • Data Bus : jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membawa dan menerima ata melalui Data Bus. Data Bus biasanya terdiri atas 8,16,32,atau 64, jalur panel.
  • Addres Bus :  untuk menanai lokasi sumber atau tujuan pada proses transfer data. Address Bus biasanya terdiri dari 16,20,24 atau 32 jalur paralel.
  • Control Bus : untuk mengontrol pengguna serta akses ke data bus dan addres bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

PERANGKAT INPUT :

  1. Input Langsung :

     2. Input Tidak Langsung :


PERANGKAT OUTPUT :

  1. Hard Copy : untuk mencetak tulisan dan gambar pada media kertas atau film.
  2. Soft - Copy : untuk menampilkan tulisan dan gambar pada media lunak berupa sinyal elektronik.
  3. Drive device atau Driver : untuk melakuka simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin paa media seperti magnetic disk atau magnetic tape.

SOFTWARE :

  • sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras ( dalam perangkat keras terdapat Bahasa yang dapat disebut sebagai penghubung atau interaksi pengguna dengan perangkat keras tersebut).
  • sebagai "Penerjemah" perintah - perintah dari pengguna ke perangkat keras.
  • berisi instruksi untuk mengerjakan prosedur tertentu, baik memproses data, melakukan perhitungan, berinteraksi dengan software lain sehingga mengontrol perangkat lunak.
3 Kategori Software :
  1. Sistem Operasi
    • Subkelas Software lapisan pertama (pertama kali diletakkan dimemori komputer saat dinyalakan)
    • bertugas untuk mengontrol dan mengolah hardware serta menyediakan operasi dasar sistem (akses ke disk, manajemen memori, skeduling task dan antar - muka user).
Contoh : Ms. windows, Linux, IOS, Netware dll

      2. Program Aplikasi 

  • Subkelas Software yang didesain bagi end user untuk memanfaatkan kemampuan komputer secara langsung.

  • melakukan tugas yang spesifik, membuat OS saat dijalankan.

  • antar aplikasi memiliki kemampuan berinteraksi satu dengan yang lain.

Contoh : Ms word, Photoshop dll 

      3. Bahasa Program 

    • untuk menulis (membantu) Software.
    • menerjemahkan seluruh kode program yang dibuat ke bahasa mesin 

2 kategori :

      1. Bahasa Tingkat Rendah 

  • memiliki perintah bahasa mesin
  • bukan bahasa mesin -> merupakan pengkodean instruksi bahasa mesin untuk mempermudah penyusunan program.
Contoh :
1. Bahasa Mesin  

2. Bahasa Assembly (masih harus diterjemahkan dalam bahasa mesin)

   2. Bahasa Tingkat Tinggi 
  • sekumpulan perintah atau instruksi untuk menyusun program yang tidak tergantung pada CPU yang digunakan.
  • membutuhkan "Penterjemah" (compiler/interpreter) agar dapat diproses oleh mesin
  • "English Like" Language 

Contoh :

1. Bahasa C  

2. Bahasa Basic  

BRAINWARE :

  • SISTEM ANALIS (Orang yang merancang suatu sistem)
  • PROGRAMMER (Orang yang membuat program)
  • END-USER (Orang yang secara langsung menggunakan komputer)
 


 


 

Komentar

Postingan Populer